Monday, June 7, 2010

Pendidikan Teknologi

Kami di Pendidikan.Network memang sangat mendukung perkembangan teknologi di bidang pendidikan tetapi kami juga wajib untuk monitor perkembangan teknologi dan cara melaksanakan dari sisi keuntungan dan kemajuan mutu pendidikan secara rialistik dan holistik. Apakah retorika mengenai peran dan pentingnya teknologi pendidikan dalam kegiatan belajar / mengajar sesuai dengan kenyataan dan keadaan di Indonesia?
"Ayo, Mengarah Ke Mutu Pembelajaran Yang Standar Dunia"(Teknologi Tepat Guna Adalah Solusinya, Bukan Pembelajaran Berbasis-ICT)
Kalau menggunkan "Ilmu Teknologi Tepat Guna" (Ilmu Teknologi Pendidikan) komputer jarang dipakai di kelas, dan tidak perlu, sebetulnya (Jarang Tepat Guna). "Teknologi Tepat Guna (TTG) sudah ada di semua sekolah di Indonesia "Sekarang", dan guru-guru hanya perlu belajar caranya menggunakan TTG secara efektif, dan bersama PAKEM kita dapat mencapaikan Pendidikan Standar Dunia. Maupun Menggunakan Strategi/Metodologi TTG (Yang Berbasis-Pedagogi) Adalah Cara Terbaik Untuk Mengintegrasikan Semua Macam Teknologi Dalam Pendidikan. Pembelajaran Berbasis-ICT Di Kelas Dapat Sangat Mengancam Perkembangan SDM (Maupun Perkembangan Guru) Yang Kreatif Di Indonesia. Informasi lanjut...
Kalau membaca berita mengenai isu-isu di surat kabar:
Puluhan ribu sekolah dalam keadaan rusak atau ambruk termasuk 70% sekolah di DKI Jakarta, 30.000 Desa Belum Teraliri Listrik, dan 55 juta orang tidak memiliki "akses" terhadap sumber air yang aman (Tiap Hari 5.000 Balita Mati karena Diare) dan Korupsi Terjadi di Semua Level Penyelenggara Pendidikan, dan UN Tidak Ciptakan Proses Belajar Kreatif, dan kita perlu Setop Kurikulum Merugikan Siswa, juga 70% Lulusan SMA Tanpa Keterampilan Cari Kerja, dan Kemampuan Guru Harus Ditingkatkan, dan Ribuan Anak Cacat Usia Sekolah Belum Terlayani, dan Pendidikan Berkualitas Hanya untuk Orang Berduit, dan ......... Jelas, kalau kita ingin membuat program untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia kita harus memastikan bahwa strategi-strategi yang direncanakan menghadapi segala macam hal, dan yang di utamakan adalah kebutuhan dasar untuk mengajar dan situasi yang nyaman dan aman di semua sekolah (termasuk listrik/air).
Dengan rasio: "Sekarang Satu Komputer Untuk 2.000 Siswa" dan "dari jumlah total yang mencapai 200.000 sekolah, sekitar 182.500 sekolah tingkat SD, SMP, dan SMA se-Indonesia belum terakses internet", jelas TIK bukan solusinya sekarang, kan? Komputer-komputer yang ada di sekolah-sekolah umum belum cukup untuk belajar ilmu Teknologi Informasi Komunikasi (TIK), apa lagi menggunakan TIK untuk belajar.
"Internet Belum Dimanfaatkan Secara Positif Oleh Pelajar"(Prof. DR. Nurtain)
"PADANG--MI: Pakar pendidikan dari Universitas Negeri Padang (UNP), Prof. DR. Nurtain mengatakan kini banyak pelajar dan mahasiswa yang tidak memanfaatkan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi internet untuk hal-hal positif namun lebih cenderung hanya untuk menghabiskan waktu dan hal yang tidak bermanfaat." Prof. DR. Nurtain - SalutSemoga kita dapat mulai menggunakan anggaran pendidikan kita untuk hal yang penting, seperti melatih guru-guru di lapangan mengenai caranya menggunakan "Teknologi Yang Tepat Guna"
Kelihatannya kita sudah mulai sadar!Internet Masuk Sekolah - Mengapa?
"Pembelajaran Yang Standar Dunia"(TTG & PAKEM) "Kita Kan Tetap Harus Berusaha Untuk Mengikuti Perkembangan Dunia"(Web-Based Learning) "Skype di kelas bahasa Inggris?"(Skype & Pembelajaran) "Teknologi Pendidikan Tepat Guna :: Jaman Kini! "(Ayo! Menggunakan "Appropriate Technology") "E-Learning, Si TPers dan Peran Teknologi Pendidikan"(Tangan Kiri Vs Tangan Kanan) "Programmed learning, Kreativitas, Inovasi, dan E-Learning"(E-Learning Dapat Membunuh Kreativitas!) "Mobile E-Learning Will Go Away" : M-Learning?(Apa Peran M-Learning : Analysis Roger Schank) "Is the role of high-tech in learning significant?"(Enquiry from our Facebook group) "E-Book Sering Disebut Sebagai Alat Bantu"(Mengapa kita selalu mencari solusi yang sulit?) "Video Pendidikan Gratis Buat Para Pendidik Di Seluruh Indonesia!"(Aduh - Televisi Di Kelas Lagi?) "Perbedaan Pendidikan Ilmu Komputer dengan Pendidikan Guru TIK"(Re: R Indra Firmansyah) "Kuliah Bersama di Widya Telewicara"(Teleconferencing : Aduh - Teknologi Lagi) "Apakah Kebijakan terhadap TIK (ICT) di Sekolah MengancamPerkembangan Pendidikan?"(Wooo..... Na ini betul bahaya!) "Appropriate Technology For Sustainable National Education Development"(Konsep-Konsep Untuk Pentaloka Nasional) "Learning and the Changing Needs of The 21st Century"(North Central Regional Education Laboratory) "Mengaktifkan Siswa Dalam Belajar :: Pembelajaran Aktif"(Terjemahan - Akhmad Sudrajat 3 April 2010) "Teknologi Pendidikan Untuk Masa Kini / Masa Depan"(Ilmuwan Teknologi Pendidikan Profesional) 'Menyanyi "Membela Yang Benar" Untuk Teknologi Pendidikan'(Kita Harus Berjuang.....) "14 Tips Menggunakan Internet Secara Cerdas"(Pak Heru Sutadi) "Apakah Teknologi Pendidikan Adalah Solusinya?" "Dunia Pendidikan Terhadap Gagasan Kewirausahaan" Membahas Isu-Isu Teknologi Pendidikan Di Facebook Kami

No comments:

Post a Comment